Senin, 11 Maret 2013

Wisata Danau Kawah Putih

Bandung juga merupakan kota yang terkenal dengan objek wisata nya, kota yang letak nya di Provinsi Jawa Barat ini juga memiliki wisata berupa Danau Kawah, namanya adalah Wisata Danau Kawah Putih yang letaknya tepat di puncak gunung patuha yang ada di Bandung. Kawah ini terletak di ketinggian 2.194 meter diatas permukaan laut, tak heran jika suhu nya mencapai 8 hingga 12 derajat celcius. Danau kawah putih ini sungguh eksotis, banyak juga pemandangan asri lainnya yang bisa anda nikmati di objek wisata kota Bandung ini.



Seperti kebanyakan danau kawah, (rinjani, kelimutu, dll) Danau Kawah Putih ini juga terjadi akibat letusan gunung, gunung patuha yang telah meletus di sekitar abad ke 10 hingga abad ke 12. Dr. Franz Wilhelm Junghuhn adalah orang pertama yang menemukan danau 'eksotis' ini, namun sayangnya pada saat pertama kemunculan nya masyarakat masih belum berani mengunjungi danau indah ini, karena saat itu mereka menganggap Danau Kawah Putih ini adalah danau yang 'misterius' dan angker. Dan akhirnya tahun 1983, pihak Botani Jawa Barat dan Banten sepakat menjadikan Danau Kawah Putih ini menjadi Wisata Danau Kawah Putih.

Danau ini memiliki suasana alam yang sangat asri, sejuk, tanpa polusi udara atau asap kendaraan, disini pengunjung akan melihat keindahan alam yang dahsyat. Selain itu, para pengunjung juga bisa melihat flora dan fauna langka yang hidup di sekitar Danau ini. Untuk Flora (tumbuhan) sendiri ada bunga Eldelweis,  tanaman Cantiqi, tanaman lemo, Vaccinium, dan sedangkan untuk flora, ada elang, monyet, kancil, babi hutan, macan kumbang, dan macan tutul.

Lalu bagaimana dengan cuaca di Danau tersebut ? Memang sejuk dan tergolong dingin (8 derajat celcius), namun karena adanya uap panas (tidak terlalu panas) yang secara langsung keluar dari bebatuan sekitar danau, maka cuaca disini akan terasa hangat, selain itu warna putih yang mendominasi danau kawah ini juga akan menarik perhatian anda, juga bau belerang yang tidak terlalu menyengat.

Ternyata, air Danau Kawah Putih ini tidak hanya berwarna putih saja, akan tetapi berubah-ubah dan juga mengikuti cahaya di sekitarnya, seperti jika cahaya matahari sedang terang maka warna danau ini akan berubah menjadi coklat, terkadang berwarna biru dan hijau apel. Bagi anda yang ingin berkunjung ke Wisata Danau Kawah Putih ini, lokasi nya berada di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat sekitar 46 menit ke arah selatan dari pusat kota Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar